November Rain

Photo by Daniel Frank on Pexels.com

.. And when your fears subside and shadows still remain
.. I know that you can love me when there’s no one left to blame
.. So never mind the darkness we still can find a way
.. Nothin’ lasts forever even cold November rain

Di saat hujan sedang membasahi beranda depan, alunan dari speaker terasa nyaman sampai di kuping. Sampai saat ini ngga ada rasanya lagu yang paling enak didengar di saat seperti ini selain November Rain dari Guns n Roses. Emang pas lagi November dan kayaknya waktu itu GnR sedang bagus moodnya waktu menciptakan lagu ini. Banyak lagu dari album yang sama dan sama suksesnya.

Bagaimanapun enaknya mendengarkan lagu adalah saat mengerti apa yang dinyanyikan oleh sang penyanyi. November Rain meskipun enak didengar dan dinyanyikan, belum sepenuhnya mewakili apa yang aku rasakan padamu. Lagu ini tentang perpisahan, atau setidaknya ancaman perpisahan. Lebih aneh lagi video clipnya malah tentang perkawinan .. tapi itu sih hak orang lain menterjemahkan lagunya. Bagiku ini tetap tidak mewakili.

Photo by Burak Kebapci on Pexels.com

Meski demikian kenangan berada di hujan bulan november tetap ada dalam ingatanku. Ingatkah kau saat kita pulang dari Bali? Kapal Ferri yang merapat di Ketapang, berbarengan dengan hujan yang mengguyur pelabuhan itu. Anak yang menawarkan payung itu sangat senang kita mengambil payungnya untuk disewa, kau dan akupun senang bisa berjalan mencari tempat berteduh di rinai hujan bulan november, merapatkan badan kita, dan mentertawakan kehidupan kita yang waktu itu rasanya makin menyenangkan.

Sebuah kedai yang buka di ujung jalan keluar dari dermaga itu, tempat kita mengeringkan ujung baju yang dibasahi oleh air yang memercik dari jalanan basah sepertinya tempat yang lebih romantis daripada cafe di Surabaya atau Jakarta. Ibu yang menyuguhiku kopi tubruk dan teh panas untukmu tampak memaklumi genggaman tanganku di tanganmu dan tubuh yang merapat menghilangkan jejak dingin yang kita rasakan. Kopinya biasa aja, tehnya pun biasanya yang kau suka adalah yang dingin. Dengan jeruk dipinggir gelasnya. Tapi kesempatan sekali dua dalam beberapa bulan adalah membuat kita terkenang dengan kedai ini.

November Rain bagiku adalah kenangan-kenangan manis. Meski kadang kita menangis.

Leave a comment