Merencanakan Tulisan Bertema

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Saya merencanakan lagi untuk menulis tulisan bertema. Memang merupakan salah satu tugas dalam DWC adalah tulisan bertema. Kali ini sama-sama 3 hari seperti sebelumnya yaitu:

  1. Datang – pada hari ke 27
  2. Jumpa – pada hari ke 28
  3. Pergi – pada hari ke 29

Terus terang sampai sekarang saya belum punya apa-apa untuk direncanakan menjadi tulisan. Baik itu sendiri-sendiri, atau mau jadi tulisan gabungan seperti sebelumnya. Buntu? Ngga juga, cuma rasanya kurang spektakuler untuk jadi ide cerita. Pada waktu diumumkan saya mempunyai ide:

  • Seorang mahasiswa sastra yang juga penulis yang datang ke kampung halamannya. Dia harus menyelesaikan skriksinya tapi kehidupan di kampus tidak mendukung, kemudian dia pulang. Di rumah lamanya hanya ada neneknya, orangtuanya tidak ada di sana, kakeknya sudah meninggal. Kemudian dia menemukan surat-surat kakeknya yang ditujukan pada seorang wanita yang pada waktu kakeknya muda, wanita tersebut adalah seorang artis terkenal yang tiba-tiba menghilang. Surat-surat ini kemudian jadi perburuan baginya, menjumpai orang-orang yang mungkin tahu dengan kehidupan kakeknya. Juga mencari tahu kemana perginya artis yang terkenal tersebut. Apakah dia sudah tiada? Atau ada di suatu tempat?
  • Seorang konsultan kesehatan, 50 tahun, yang sukses tetapi merasa kekosongan dalam hidupnya. Istri yang jadi teman hidupnya sudah 2 tahun meninggal. Dalam usahanya mencari makna, dia memutuskan untuk kembali datang ke kota kecil tempat dia dibesarkan. Di kota ini, ia berjumpa seorang dokter wanita yang masih muda. Mereka membicarakan tentang banyak hal yang kemudian menjadikan pemahaman tentang perjalanan hidupnya si konsultan. Tapi pada akhirnya dia memutuskan untuk pergi. Apa yang menjadi penyebab kepergiannya?

Sudah dapat tapi terasa berlarut-larut. Saya belum punya gambaran bagaimana mengembangkannya. Saya menjajarkan kedua ide di dalam Novelcrafter. Membuat Act (babak) adalah tema. Sehingga ini terdiri dari 3 babak, tiap chapter mengandung 1 adegan. Tapi setelah merasakan menjalani yang 3 hari sebelumnya (hilang, waktu dan haru) rasanya melakukan untuk yang 3 ini agak berlebihan kalau terlalu besar.

Leave a comment