Karungnya Writer Wannabe

Photo by Steve Johnson on Pexels.com

Lantas yang disini apa yang mau dituliskan? Begitu yang menjadi pikiran. Ada beberapa ide. Tapi saya mungkin ngga ingin banyak-banyak dulu memasukkan. Toh disini sudah tidak dituntut untuk melakukannya tiap hari. Hanya tuntutan dari diri sendiri saja. Karena itu seharusnya lebih mudah membuat hal-hal kreatif yang bisa diupload disini. Sementara ini saya sedang mengumpulkan untuk tulisan dan presentasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret ini.

Topik utamanya tentang bagaimana produktif di tengah kesibukan. Merupakan bagian dari kegiatan 30DWC #45. Saya tadinya sudah menolak untuk menjadi pengisi acara. Tapi setelah melihat jadwal rasanya topik itu relevan. Jadwal saya tanggal 29 kosong, tapi 30nya saya jadi pembicara selama sehari penuh. Yang dibicarakan adalah tentang pelayanan UKM baik yang esensial maupun yang pengembangan. Lumayan. 6 kriteria, 36 EP. Dan ini yang diajar adalah para surveior. Haus ilmu dan minat bertanya. Tapi tentunya jadi relevan bagaimana dalam saat mempersiapkan ada kesibukan saya masih bisa produktif.

Produktif di Tengah Kesibukan

Hal pertama yang terpikir bagi saya untuk menggambarkan produktif di tengah kesibukan adalah bagaimana bisa melaksanakan hal-hal tertentu yang terkait peran. Tentu harus menggambarkan apa saja peran yang dijalani. Kemudian, dikaitkan dengan kesibukan-kesibukan tersebut, maka kenapa masih bisa produktif. Mungkin perlu diluruskan makna produktif. Ini bisa ambil dari coach Aji.

Produktif tentu saja tidak semata menghasilkan atau mengerjakan sesuatu. Tapi juga terkait dengan adanya kepuasan dalam menghasilkan karya. Bagi saya itu adalah writing. Karenanya dalam menentukan prioritas, writing tidak pernah terlalu jauh ada di bawah. Karena pada saat sedang sibuk, melepas beban ke tulisan di blog misalnya menjadi teraasa meringankan. Ini keuntungan bisa produktif di masa sibuk yang bisa dipikirkan saat ini.

Itu juga kenapa saya menerima penugasan sebagai pengisi dalam acara tersebut. Saya merancang bikin sekitar 9 slide saja.

Tentu, saya akan merangkum judul-judul slide yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan presentasi Anda, mulai dari menggambarkan kegiatan rutin Anda, kiat produktivitas dalam kesibukan, hingga kaitannya dengan kepenulisan:

  1. Perkenalan dan Latar Belakang. Menggambarkan Peran dan Kegiatan Sehari-hari
  2. Menjaga Produktivitas di Tengah Kesibukan.
    • Menetapkan Prioritas dan Perencanaan
    • Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus
    • Otomatisasi Tugas untuk Efisiensi
    • Menetapkan Batasan untuk Keseimbangan Kerja-Hidup
  3. Strategi Menjaga Kesehatan
    • Pentingnya Istirahat dan Olahraga
    • Kesehatan Mental sebagai Kunci Produktivitas
  4. Memanfaatkan Teknologi dengan Bijak
    • Mengurangi Distraksi dan Meningkatkan Fokus
  5. Belajar dari Kegagalan
  6. Membangun dan Memanfaatkan Jaringan Dukungan
    • Pentingnya Komunitas dalam Meningkatkan Produktivitas
  7. Kiat Produktivitas untuk Kepenulisan
    • Menetapkan Tujuan Menulis yang Realistis
    • Blok Waktu untuk Menulis
    • Mengatasi Blok Penulis
    • Revisi dan Editing: Bagian dari Proses Kreatif
    • Menulis Sprint untuk Meningkatkan Output
    • Memelihara Kreativitas melalui Jurnal
  8. Interaksi Kegiatan Sehari-hari dengan Kepenulisan
    • Mengintegrasikan Kehidupan Profesional dan Kreativitas dalam Menulis
    • Keseimbangan antara Karier, Hobi, dan Kepenulisan
  9. Kesimpulan
    • Menyimpulkan Strategi Produktivitas Utama
    • Mengajak untuk Aksi dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Saya rasa cukuplah .. itu juga pasti kalo dipanjang-panjangi jadi bisa sejam sendiri. Padahal waktunya ngga banyak. Mungkin nanti ada yang harus saya tinggal. Yang penting idenya sudah diletakkan dulu.

Leave a comment