Membaca sebagai Kebiasaan Terlatih

Photo by Martin Pu00e9chy on Pexels.com

Saya membaca tulisan coach Aji tentang membaca pada laman ini. Tergerak untuk melakukan proses apakah saya sudah melakukan proses seperti yang disebutkan. Dalam tulisan itu coach Aji bilang bahwa orang-orang sukses punya kebiasaan membaca yang sudah terlatih. Direncanakan dengan baik bahkan dan diprioritaskan. Bukan sesempatnya.

Menurut tulisan ini, kita harusnya bisa membaca rutin 60 buku dalam setahun. 5 buku sebulan. Tiap 6 hari 1 buku.

Proses untuk menuju kesana antara lain sebagai berikut:

  1. Identifikasi waktu jeda dalam kehidupan sehari-hari untuk membaca.
  2. Tentukan jumlah halaman atau waktu yang ingin dicapai setiap kali membaca.
  3. Hitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah buku dengan kecepatan baca saat ini.
  4. Lakukan penyesuaian waktu membaca berdasarkan kesibukan dan prioritas lainnya.

Saya ingin mencoba kiat ini agar bisa memperkirakan berapa buku yang bisa saya baca dalam setahun.

Waktu Jeda

Kalau diliat-liat waktu jeda saya cukup banyak ya. Secara umum memang ada kelonggaran. Karena saya memberikan waktu cadangan untuk kegiatan-kegiatan yang nantinya terpaksa dadakan harus saya kerjakan.

Pagi hari saya sudah terbiasa untuk jam 03.00 bangun. Kemudian aktivitas pertama biasanya setelah shubuh, jam 4.30. Saya juduli waktu belajar. Biasanya saya akan menyibukkan otak saya dengan melihat beberapa update-update minat saya; menulis (apa saja, seperti saat ini); dan membaca salah satunya. Tapi karena tidak dianggarkan khusus ya mana yang sedang mood itu yang saya kerjakan. Begitu juga pulang kerja. Oya karena saya antar jemput pake mobil dinas, maka saya sebenarnya punya waktu perjalanan selama 2 x 20 menit. Dan sesudahnya ada waktu dari jam 14.30 sampai dengan Maghrib. Bakda Isya saya juga menganggarkan waktu belajar seperti pagi selama satu jam yang ini juga bisa dibuat pembagian.

Jadi kalau diidentifikasi maka rekapnya jadi seperti ini:

  • Waktu pagi hari untuk belajar bisa jadi 2 jam
  • Waktu perjalanan 40 menit
  • Waktu istirahat sore bisa diambil maksimal 2 jam.
  • Waktu malam hari 1,5 jam

Total dalam sehari saya bisa punya waktu 6 jam untuk belajar yang bisa saya bagi untuk membaca sebagai salah satunya. Bila konsisten dengan waktu ini saya bisa membuat secara kasar 3 jam untuk membaca dan 3 jam untuk menulis.

Target Baca dan Durasi

Saya bagi menjadi dalam setahun mungkin coba 60 buku seperti disebut coach Aji. Sebelumnya saya pernah maksimal 40 buku saja. Pun banyak fiksi. Tapi masih sesuai karena saya juga mengembangkan otak kreatif saya. Jadi latihan terhadap perbendaharaan kata juga saya perlukan.

Sebelum sampai pada target harian. Mungkin saya perlu test dulu. Setelah ini saya akan coba 10 menit membaca fiksi dan 10 menit membaca non fiksi. Keduanya harus saya uji baik jumlah halaman maupun pemahaman. Meskipun untuk membaca non fiksi saya punya cara tersendiri yang tidak linear halaman demi halaman. Ini untuk test saja.

Saya pilih, membaca ILY karya Tere Liye dan 80/20 Principle karya Richard Koch. Tidak dipungkiri keduanya saya sudah punya dasar sebelumnya. Saya pembaca serial Bumi, dan saya juga pengguna Pareto dalam tiap manajemen yang saya lakukan. Jadi tentu ada kemudahan pemahaman.

Untuk ILY waktu 10 menit saya mendapatkan 18 halaman A5 (300 kata/halaman), sedangkan untuk buku Pareto saya mendapatkan 11 halaman B5 (450 kata/halaman). Jadi anggaplah saya sedang ngebut baca novel akan sekitar 20 halaman ini biasanya terpenuhi. Sedang untuk buku non fiksi bisa diturunkan sekitar 10 halaman per 10 menitnya. Agar memudahkan hitungan.

Kalau dibuat target baca saya per 25 dengan istirahat 5 menit maka:

  • Fiksi : 50 halaman A5/15.000 kata
  • Non Fiksi : 25 halaman B5/6750 kata

Dalam 3 jam berarti saya bisa membaca:

  • Fiksi : 300 halaman / 90.000 kata, setara novel sehari ngga selesai.
  • Non Fiksi : 150 halaman / 40.000 kata, setara dengan 1/2 buku Pareto tadi.

Maka untuk target 60 buku. Sebenarnya termasuk target realistis. Kalau saya pembaca keras (pekerja keras?) maka seharusnya saya bisa menyelesaikan 360 novel atau 120 buku seperti yg saya contohkan diatas.

Kita konsisten dengan target sekitar dalam sehari :

  • 3 jam waktu baca (6 x pomodoro), dengan tiap siklus:
  • 50 halaman Novel/25 halaman Non Fiksi, sehingga total:
  • 300 halaman Novel/150 halaman Non Fiksi.

Selanjutnya nanti akan kita sesuaikan lagi bila sudah ada bagaimana hasilnya. Saya akan menggunakan app habit dalam handphone saya dan Goodreads untuk memantau buku-buku yang akan saya baca. Agar amannya melihat minat saya, maka saya akan bawa 2 buku. Tiap kali.

Bismillah …

[notokuworo.]

Leave a comment